Profil KUROKO TETSUYA

| Jumat, 13 November 2015
KUROKO TETSUYA




Kuroko Tetsuya adalah sang karakter utama dari serial Kuroko No Basuke, dia memiliki raut wajah yang datar (dianimenya saya tidak pernah melihatnya marah, menangis, tersenyum dan ekspresi lainnya). Dia juga memiliki hawa keberadaan yang sangat kecil sehingga sering sekali orang didekatnya tidak sadar akan keberadaannya. 

Didalam Kiseki No Sedai (SMP teikou) dia tidak begitu terekspose media bahkan namanya tidak terdaftar didalam anggota Kiseki No Sekai diberbagai berita, namun anggota Kiseki No Sedai yang lainnya mengakui kemampuannya. 

Sebenarnya Kuroko Tetsuya ini sangat tidak jago main Basket bahkan mungkin jika berduel satu lawan satu dengan pemain basket biasa pun dia akan kalah, dia bahkan selalu gagal memasukan bola ke ring. Satu-satunya hal yang bisa dia lakukan adalah mengoper bola. Dengan memanfaatkan hawa keberadaannya yang rendah dia dapat mengoper dan merebut bola tanpa diketahui lawan, dan passing-passing Kuroko sangat cepat dan tak bisa dibaca lawan. Namun lama kelamaan akhirnya dia ingin belajar memasukan bola dan meminta dilatih oleh Aoime.

Berikut ini adalah biodata lengkap dari Kuroko Tetsuya : 

Name : Kuroko Tetsuya (黒子 テツヤ)
Gender : Male
Age : 16
Height : 168 cm (5' 6")
Weight : 57 kg (126 lbs)
Birthday : January 31st, Aquarius
Blood type : A
Team : Seirin
Position : small forward/point guard
Talent : Misdirection, Tap Pass, Cyclone Pass, Ignite Pass, Ignite Pass Kai, Vanishing Drive, Misdirection Overflow, Phantom Shot


*Penampilan
Kuroko mempunyai kemampuan yang sangat kecil untuk menjadi seorang pemain basket. Dia mempunyai rambut berwarna biru muda dan dia mempunyai mata berwarna biru,serta dia mempnyai tatapan kosong. Dia mempunyai kulit yang cukup pucat. Kuroko menggunakan jersey Seirin no 11 berwarna putih,hitam,merah. Ia kadang2 juga memakai sweatbands berwarna hitam. Sepatu basket Kuroko berwarna putih dengan garis biru
Ketika ia diluar pertandingan atau latihan,dia memakai seragam sekolahnya: standar gakuran Jepang. Bagian atas gakuran adalah hitam,lengan panjang,dan memiliki kerah serta kancing.
*Kepribadian
Kuroko memiliki wajah tanpa emosi dan kepribadian sederhana. Dia sangat pekerja keras dan selalu mencoba untuk memuaskan tim dari kelebihan dirinya dan keberadaan nya sangat tipis. dia metaforis dirinya sebagai “bayangan”. Dengan kata lain,ia akan menjadi kuat jika “cahaya”nya terang. Dengan “cahaya” , ia menjadi pemain pendukung selama pertandingan. Pada saat di SMP, ”cahaya”nya adalah Aomine dan sekarang adalah Kagami.
Diluar lapangan/pertandingan,meskipun keberadaan ia sangat tipis,ia sangat sopan terhadap wanita. Kuroko paling dapt menghibur Momoi dibandingkan dengan temannya,Kagami,Kise,dan Aomine.
Secara keseluruhan,Kuroko sangat tenang,orang yang rasional,tetapi kadang menunjukkan aksi konyolnya. Ada saat-saat dimana ia menggunakan misdirection untuk melarikan diri, dan juga waktu ia terlambat untuk latihan tapi berpura-pura bahwa ia ada di sana dari awal.
*Skill
Meskipun Kuroko sangat rapuh, cukup lemah dan lambat, bakat Kuroko yang memungkinkan dia untuk memainkan peran sentral dalam tim mana pun. Ia memiliki mata luar biasa jeli ,selain kemampuannya yang tak terlihat dengan lingkungan apapun (keberadaannya tipis), Kuroko dapat melakukan operan yang tak terlihat dan merebut bola yang hampir tak terhentikan, mendapatkan bola dan diantara rekan tim, ia lebih cepat terhadap reaksi lawan. Near-invisibility nya membuat dia sangat rentan terhadap cedera di lapangan. Selanjutnya, bakatnya tidak efektif jika digunakan selama 4 quarter (tidak bisa bertahan lama).Jika dia dibiarkan dalam bermain terlalu lama, lawan mengembangkan taktik untuk mengatasi Misdirectionnya, karena itu, ia harus ditempatkan di bangku cadangan pada waktu-waktu yang berbeda dalam setiap pertandingan untuk mencegah hal ini.
Kuroko kebanyakan bermain di posisi small forward, namun dalam chapter terakhir statistik nya, daftar posisinya sebagai “?”.Hal ini karena Kuroko sulit untuk ditempatkan di salah satu dari lima posisi basket, perannya dalam tim tidak sesuai satu pun dari posisi-posisi itu.
-Misdirection
Sesuai dengan kepribadian suram dan pendiam, Kuroko cukup sulit untuk dilihat/disadari oleh orang lain. Selain itu, ia juga telah mengembangkan teknik bermain menggunakan kemampuannya yang "tidak terlihat". Dia bertindak seolah-oleh orang lain mendapatkan bola yang tidak berasal dari dia ( berasal pass dari dia). Dia membuat lawan untuk memfokuskan perhatian mereka kepada orang lain dan kemudian melangkah secara tak terduga. Ketika lawan tidak bisa melihatnya, jauh lebih mudah bagi Kuroko untuk merebut bola. Misdirection adalah teknik yang menggunakan kelalaian indera lawan. Karena itu Kuroko disebut “Pemain Bayangan”
Kuroko menggunakan misdirection dengan fungsi untuk rekan-rekan setimnya. Dia harus membuat kontak mata dengan passer saat melakukan misdirection dan penglihatan pemain lain menjadi "cermin" untuk melakukan operan. Ini juga menandakan/memberi tahu cara untuk mengalahkan Misdirection Kuroko. Pemain yang menjaga dia harus tidak melihat ke Kuroko,tapi melihat pemain yang memberikan operan setelah kontak mata dengan Kuroko dan bergerak ke arah itu. Sejauh ini, satu-satunya orang yang mampu melakukan hal itu adalah Imayoshi.
-Invisible Pass (operan tak terlihat)
Setelah dari misdirection nya, Kuroko menggunakan dirinya sebagai pemain untuk menerima pass dan mengoper bola kepada pemain lain hanya dengan menyentuhnya. Ia menerima bola dari pemain lain dan segera mengubah arah operannya untuk mengoper kepada pemain yang bebas (tidak dijaga). Operan ini sangat sulit untuk diprediksi dan hampir selalu mengarah ke ring. Bentuk sebenarnya dari operan ini, menurut Midorima, adalah pass tap, yang memungkinkan Kuroko untuk mengubah arah bola tanpa menyentuh bola itu dalam waktu yang lama. Ini adalah satu-satunya jenis passing yang bekerja dengan baik jika dengan misdirection karena kontak minimum dengan bola.
-Ignite Pass
Sebagai perpanjangan operan regular,Kuroko dapat membuat bola bergerak lebih cepat. Operan ini dilakukan ketika invisible pass (operan tak terliat) dapat dicegat/ didapatkan oleh musuh di beberapa titik. Ketika ia menerima bola,ia langsung mendorong bola ke pemain yang bebas. Dengan cara ini, kekuatan operan akan meningkat dan bola akan bergerak lebih cepat. Operan ini disebut juga Acceleration Pass (percepatan operan).
Tetapi karena operan ini sangat kuat, hanya beberapa pemain yang berhasil menangkapnya, di SMP hanya “Generasi Keajaiban” yang mampu menerima operan ini. Dalam Seirin, Kuroko hanya menggunakan operan ini kepada Kagami dan kadang-kadang kepada Teppei Kiyoshi. Setelah pelatihan keras mereka di musim panas, menurut Aida Riko ,semua kelas 2 sekarang mampu untuk menerimanya namun itu menyakitkan bagi mereka seperti yang dikatakan Hyuga. Teppei Kiyoshi juga berkata ketika pertama kali dia menerima operan ini di turnamen basket jalanan, ia bisa menerimanya, tetapi tidak bisa terus menerus.
-Ignite Pass Kai
Ignite pass kai adalah pengembangan dari Ignite Pass. Bukan hanya meninju bola dengan telapak tangannya, ia juga memberikan spin yang kuat di atasnya dengan cara memutar lengan dan pergelangan tangannya dan menciptakan rotasi di sekitar bola. Dengan melakukan ini, seperti tembakan, Kuroko menempatkan lebih banyak akselerasi dan kekuatan pada operan ini dengan mentransfer rotasi lengannya ke bola. Bolanya begitu kuat sehingga dapat melewati ace “Generasi Keajaiban”, Aomine. Dia belajar ini dari kamp latihan musim dingin, di bawah perintah Kagetora.
-Cyclone Pass
Ketika lawan mencetak gol, Kuroko mengambil bola, berputar sangat cepat dan mendorong bola untuk mengoper yang menempuh jarak seluruh lapangan. Operan ini sangat cepat dan kuat, dan bergerak lurus dari tempatnya Kuroko sampai akhir lapangan (tujuan operan), yang sempurna untuk fast-break. Seseorang berkomentar, sebagai sinar laser Ichiro (Ichiro adalah pemain bisbol Jepang yang terkenal). Dia pertama kali menunjukkan ini dalam pertandingan melawan Shūtoku, secara fast-break dengan mengoper kepada Kagami dengan operan ini yang melewati Midorima. Dalam pertandingan kedua mereka, Kuroko menunjukkan operan ini tanpa berputar saat pertama-tama (awalnya kan dia berputar dulu)
-Vanishing Drive (dribble tak terhentikan)
Setelah telak dikalahkan oleh Daiki Aomine, Kuroko melatih dirinya untuk mengembangkan gaya bermain nya. Mengingat keberadaan mutlak dan pentingnya bola dalam permainan, itu dianggap tidak mungkin bagi Kuroko untuk mempertahankan/menggunakan Misdirection ketika ia memegang bola/menerima operan, sepert yang terlihat,ia memegang bola di lapangan sangat singkat. Dia telah mengatasi keterbatasan ini sebelumnya, dan telah mengembangkan kemampuan untuk melewati pemain saat menggiring bola dengan drive tak terlihat ,vanishing drive. Kemampuan ini cukup efektif untuk melewati pertahanan Shintaro Midorima, anggota dari Generasi Keajaiban, dan juga dapat melewati Hawk Eye Takao. Kazuya Hara telah berspekulasi bahwa Kuroko menggunakan kedipan mata untuk bisa melewati pertahanan, tetapi ini telah terbukti salah.
Penjelasan nyata tentang keterampilan ini dijelaskan oleh Midorima, dalam pertandingan kedua Seirin melawan Touou. Keterampilan pada dasarnya adalah bergerak menunduk secara diagonal (a duck-in) dimana area penglihatan lawan tidak bisa melihat secara diagonal. Kuroko membungkuk di sudut tertentu pada drive dan mengikuti rute tertentu yang merupakan area yang penglihata lawan sangat sulit mengikuti gerakan tersebut. Tapi Vanishing Drive yang asli adalah kolaborasi dengan Kagami. Mirip dengan misdirection Kuroko, Kagami menarik perhatian lawan kepadanya, hanya sedetik, dan itu memungkinkan untuk Kuroko berhasil melewati lawannya. Satu-satunya yang sejauh yang bisa mengehentikan Vanishing Drive adalah Aomine. Dia bisa merebut bola dengan menutup matanya, membuat misdirection Kagami yang tidak efektif/tidak berguna. Dia hanya mengikuti napas Kuroko dan karena mereka menyatu/sama tentang basket, Aomine mengehentikan Vanishing drive.
-Misdirection Overflow
Sebuah keterampilan Kuroko dikembangkan setelah menyelesaikan Vanishing Drivenya. Dia menyadari bahwa jika ia menggunakan micdirection biasa dan mengalihkan perhatian darinya,maka kebalikan dari Misdirection bisa terjadi. Ini terjadi jika efek Misdirection sudah mulai berkurang dan kehadirannya di lapangan mulai disadari. Kemunculan tiba-tiba pemain kesepuluh akan menarik perhatian pemain lain. Dengan sengaja menghabiskan efek Misdirection, dia memberikan rekan-rekan setimnya kemampuan Vanishing Drive. Efek yang jelas:Kuroko tidak bisa bergerak yang biasanya,tapi reka-rekan timnya dapat menggunakan Vanishing Drive.
Namun ada juga kerugian besar bagi penggunaan teknik ini:
• Pertama adalah hal itu harus digunakan hanya di akhir pertandingan. Ini sama dengan Misdirection biasa, ia tidak bisa terus menipu lawan terlalu lama
• Kedua adalah sementara ia menggunakan kemampuan ini, ia juga menunjukkan rahasia di balik itu (misdirection). Di satu sisi, dia membuang kartu truf yang sangat berharga sehingga ia tidak dapat menggunakan cara yang sama terhadap lawan yang sama untuk kedua kalinya. Melawan tim yang sangat kuat seperti Touou , Seirin tidak bisa menang lagi tanpa kartu truf, menyebabkan kekalahan yang sama melawan Touou adalah kerugian yang tak terelakkan (pada Winter Cup)
-Phantom Shot
Karena sekarang bahwa data ketidakmampuan Kuroko untuk menembak dikenal di antara tim Yosen, Kuroko tidak menjadi ancaman bagi Yosen . Karena alasan ini, Kuroko mulai belajar menembak, tetapi selalu gagal. Lalu, Kuroko meminta Aomine untuk mengajarkan dia dan dia mengatakan kepadanya (kepada Kuroko) bahwa pemain yang normal menembak dengan telapak tangan mereka,Kuroko mengoper sama seperti pemain normal, dengan pergelangan tangan dan ujung jari. Dalam tembakannya, ia mencoba untuk melakukan hal yang sama, tetapi pass dan tembakannya sama sekali berbeda, sehingga Kuroko memiliki masalah dengan mengukur jarak ke ring.
Karena itu, Aomine mendorong Kuroko untuk belajar tembakan baru dengan cara/gaya sendiri,yaitu Phantom Shot. Esensinya adalah dengan menggunakan telapak tangannya untuk mendorong bola ke depan, meskipun itu akan mengacaukan postur shooting. Lebih jauh lagi, karena posisi menembak, bola lebih rendah dari tembakan biasa. Bukan menembak bola di atas kepala seseorang (musuh kali ya), Phantom shoot ditembak dari dada. Lawan secara alami/natural akan melihat ke bawah karena posisi bola, sehingga pandangannya terbatas.Dengan cepat, Kuroko bisa menembak bola melalui penglihatan lawan. Dengan menggunakan Phantom Shot, Kuroko membuat angka pertama di depan Murasakibara, pemain tertinggi di seluruh Jepang, sehingga mencetak poin bagi Seirin dan membuat anggapan Kuroko menembus pertahanan Murasaibara dengan mengshoot melawan Yosen dari seluruh turnamen (Selama Winter Cup ga ada yang bisa nyetak skor lawan Yosen,nah Kuroko jadi orang pertama yang masukin bola lawan Yosen). Kuroko menggunakan phantom shoot dalam seluruh pertandingan Yosen, dan Murasakibara tidak bisa memblokir salah satu dari tembakan itu, meskipun Kuroko melakukan beberapa kesalahan.
Cara untuk menghentikan tembakan ini adalah mundur dan menjaga jarak ke Kuroko. Dengan cara itu, penglihatan tidak akan terbatas ke bawah dan bola terlihat. Kasamatsu adalah orang pertama yang memikirkan hal ini, setelah itu ia berhasil memblokir tembakan Kuroko.
-Kagami Kuroko alley-oop
Suatu gerakan yang dilakukan oleh Kuroko dan Kagami. Salah satu pemain (Kagami) mencoba untuk melewati lawannya, tapi Kuroko memotong bola. Dia memukul bola ke tanah dan memantul ke arah ring. Kagami melompat tinggi , meraih bola dan dunk ke dalam ring. Mereka pertama kali menunjukkan ini dalam pertandingan melawan SMA Shinkyo dan melakukannya lagi pada pertandingan melawan Seiho .
*Quotes
- “Aku adalah yang akan menyangga sang aktor utama,sang bayangan. Tetapi,sang bayangan akan menjadi lebih gelap ,jika cahayanya menjadi lebih kuat. Dan itu akan membuat warna putih dari sang cahaya bersinar. Sebagai bayangan dari actor utama, aku akan menjadikanmu menjadi nomor 1 di Jepang”
- “Ketika kau membenci sesuatu yang kau sukai,itu sangat menyakitkan”
- "Kalau begitu apa yang dimaksud dengan kemenangan? Sampai pertandingan berakhir, sebanyak apapun angka yang kau cetak seorang diri, kalau tidak ada yang gembira, maka itu bukanlah kemenangan!"
- “ … Jangan main-main. Aku bermain basket karna aku percaya bahwa basket “Generasi Keajaiban” itu salah. Tapi, mereka tak akan pernah melakukan,apapun yang sekotor yang kau lakukan…!!”
-“Tidak nanti… kami akan menang sekarang!!”
*Trivia
-Kanji 黒 (Kuro) artinya adalah bayangan yang menunjukkan bahwa ia adalah bayangan Kagami
-Dia dipanggil dengan sebutan namanya yang ditambahkan imbuhan di belakangnya, seperti: Kise (Kurokocchi),Murasakibara (Kuro-chin),Akashi (Tetsuya),Aomine (Tetsu),Momoi (Tetsu-kun)
- Dalam buku Karakter Bible, konsep karakter awal Kuroko terlihat. Tidak banyak dari penampilannya telah berubah, meskipun ia tampak kurang suram dan tak terlihat (invisible) dari dalam konsep selesai
-Dalan vote karakter pertama,Kuroko mendapatkan peringkat 1 dengan 2625 suara. Dia menang lagi di vote kedua dengan 2242 suara
-Namanya, Kuroko, sebenarnya merupakan istilah Jepang . Ini adalah singkatan dari "petugas panggung" (stagehands) di teater Jepang. The petugas panggung adalah peran hewan, boneka, benda, ... dipenuhi oleh tangan seorang aktor biasa. Tapi hanya tangannya terlihat, aktor sendiri yang berpakaian hitam dan seharusnya "tak terlihat". Ini adalah referensi yang jelas untuk gaya permainan Kuroko .
-Meninju bola dengan kepalan tangan sebenarnya melanggar aturan. Karena Kuroko melakukan ini untuk mempercepat bola, ketika pertama kali menunjukkan Ignite pass. Pada saat volume 4 diterbitkan, ini diubah memakai telapak tangannya bukannya ditinju. Kedua kalinya dia melakukan Ignite Pass , ditunjukkan dengan telapak tangannya. Ignite pass Kainya juga dengan telapak tangannya.
-Di sekolah, kursus terbaiknya adalah sastra: sejarah dan geografi.
-Kuroko adalah anggota Komite Perpustakaan sekolah.
-Menurut Karakter Bible:
• Jenis Kuroko tentang gadis adalah orang yang lembut.
• Jika Kuroko memiliki pekerjaan alternatif itu akan menjadi guru TK.
• Makanan favoritnya adalah vanilla shake.
• Hobinya membaca (terutama karya sastra) dan observasi manusia
• Spesialisasinya adalah trik sulap sederhana.
• Dia cukup terampil dalam kerajinan dasar.
• Mottonya adalah "Once-in-a-lifetime encounter"
-Kuroko bisa menggunakan Misdirectionnya untuk hiburan, misalnya menghilang selama trik sulap.
-Nomor siswa ID Kuroko 102.153.
-Dalam Q&A dalam manga,teungkap
• Tinggi Kuroko pada masa SMP adalah 155 cm
• Kuroko tinggal bersama ayahnya, ibunya dan neneknya.
• Pelajaran terbaik Kuroko adalah bahasa Jepang dan modern klasik.
• Dia tidak suka cola, ia memiliki masalah tentang soda pada umumnya.
-Kuroko jarang terlihat mencetak angka, ia mencetak angka pertamanya dalam Chapter 145 dan angka pertamanya yang dicetak di pertandingan resmi di Piala Musim Dingin perempat final, melawan SMA Yosen .
-Kuroko memiliki kebiasaan menarik atau menyesuaikan gelang nya sebelum pertandingan dimulai

0 komentar:

Posting Komentar

Next
▲Top▲